Berita Kesehatan
Manfaat Lemon untuk Kesehatan Gigi
Rabu, 06 Jun 2018 16:57:16

Manfaat lemon untuk kesehatan gigi amatlah perlu diketahui. Sebab gigi merupakan salah satu aset yang memiliki peran penting dalam melengkapi penampilan seseorang. Gigi yang sehat bisa membuat seseorang menjadi percaya diri dalam tersenyum. Namun, beberapa di antara kita bahkan lupa bagaimana cara merawat gigi. Biasanya kita jarang membersihkan gigi sehingga bakteri bersarang di dalam yang dapat memicu timbulnya karang gigi.


Tak hanya dengan rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari, namun juga harus rajin memeriksakan diri ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Sebenarnya ada beberapa solusi sederhana yaitu dengan menggunakan lemon. Lemon yang mengandung banyak mineral, nutrisi dan senyawa ternyata sangat berguna untuk kesehatan gigi. Ini dia manfaat lemon untuk kesehatan gigi:


1. Memutihkan gigi


Cara memperbaiki enamel yang rusakan dan mengembalikan gigi menjadi putih adalah dengan menggunakan lemon. Lemon yang kaya akan sumber vitamin C berguna untuk mencerahkan gigi dan bertindak sebagai pembersih alami gigi yang berwarna kuning. Caranya adalah dengan menggosokkan kulit lemon langsung pada gigi atau bisa juga berkumur-kumur dengan perasan air lemon.


2. Menghilangkan karang gigi


Karang gigi biasanya berasal dari sisa-sisa makanan yang menumpuk di dalam gigi. Biasanya seseorang akan melakukan perawatan scalling untuk membersihkan karang gigi. Namun sebenarnya cara sederhana dengan menggunakan lemon karena kandungan yang terdapat di dalamnya bisa melawan bakteri penyebab karang gigi. Caranya bisa dengan mencampur air lemon dengan garam untuk berkumur-kumur.


3. Mencegah bau mulut


Seseorang yang malas membersihkan gigi akan rentan mengalami bau mulut. Hal itu terjadi karena malas membersihkan gigi sehingga gigi menjadi kotor dan menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab bau mulut. Lemon yang memiliki aroma yang khas dan segar bisa digunakan sebagai penyegar nafas. Ditambah dengan kandungan dalam lemon seperti asam sitrat yang mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.


4. Memperkuat dan menjaga gigi agar tetap sehat


Gigi yang kuat adalah gigi yang keropos dan bisa bertahan lama. Namun biasanya makanan atau minuman yang kita konsumsi bisa membawa dampak yang buruk bagi gigi. Cara mencegahnya bisa menggunakan lemon. Kandungan kalsium serta zat besi yang terdapat pada lemon bisa berguna untuk mempertahankan kepadatan dan menguatkan gigi. Selain itu juga bisa membersihkan dan memutihkan gigi yang membuat gigi menjadi sehat.