Berita Kesehatan
Menjaga Kesehatan Hidung dari Polusi Udara
Sabtu, 11 Feb 2023 12:20:55

merupakan organ penting yang berperan dalam sistem pernapasan. Hidung juga bertugas untuk menyaring udara yang masuk ke dalam paru-paru. Oleh karena itu, berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan hidung yang bisa Anda terapkan.

Alasan menjaga kesehatan hidung begitu penting

sakit hidung

Sulit rasanya menghindari udara kotor. Di mana pun Anda berada, selalu ada polusi udara. Untuk Anda yang kini menetap di dalam rumah selama pandemik COVID-19, tentu masih perlu menjaga kesehatan hidung.

Di tengah pandemik COVID-19 mengharuskan setiap orang untuk bekerja dan menetap di rumah dalam waktu yang masih belum ditentukan. Kerap kita berasumsi bahwa di rumah adalah tempat yang aman dan terhindar dari polusi udara. Padahal tidak juga.

Mungkin Anda tak menyadari, polusi udara di dalam ruangan bisa datang dari debu di lantai, karpet, kasur, atau perabotan rumah. Hal ini juga bisa mengganggu infeksi saluran pernapasan, sama halnya seperti polusi di luar ruangan.

Saat bernapas, mau tidak mau kita menghirup udara yang kotor. Hidung sebagai garda utama sistem pernapasan berperan menyaring dan membersihkan udara yang terhirup dari partikel asing melalui bulu-bulu halus. Di sini udara dihangatkan, disaring, dan dilembapkan sebelum masuk ke dalam paru-paru.

Faktor lingkungan seperti polusi, memiliki pengaruh terhadap risiko kesehatan pernapasan. Biasanya orang dengan alergi dan asma cenderung lebih sensitif terhadap polusi, misalnya alergen, partikel debu, ataupun zat lain.

Dampak polusi udara kotor dalam ruangan bisa bervariasi mulai dari gejala ringan seperti bersin-bersin, hidung berair sehingga menyebabkan hidung tersumbat sampai dengan kondisi yang jauh lebih berat misalnya peradangan hidung.

Gejala ringan pun jika kita alami tentunya menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan hidung langkah yang harus dilakukan?

Bagaimana cara menjaga agar hidung tetap sehat?

nasal spray, flu, sakit hidung

Meskipun berada di rumah, Anda tetap perlu menjaga kesehatan dan memberikan perlindungan terhadap hidung. Polusi udara di dalam ruangan bisa saja memberikan dampak kesehatan bagi Anda. Salah satu metodenya dengan menggunakan nasal spray powder.

Anda bisa memilih kandungan Hydroxypropyl Methycellulose dalam bentuk bubuk pada nasal spray powder. Dalam jurnal Expert Review of Respiratory, penggunaan nasal spray powder ini bermanfaat untuk menyediakan perlindungan dari udara kotor yang masuk ke dalam sistem pernapasan, misalnya serbuk sari atau zat berbahaya. Bubuk yang terdapat pada nasal spray ini dapat mengurangi gejala alergi.

Nasal spray powder dapat membantu menjaga kesehatan hidung melalui cara kerjanya yang menahan partikel-partikel tersebut agar tidak melekat pada saluran hidung. Anda bisa menerapkan langkah penggunaan nasal spray powder sebagai berikut.

  • Bersihkan hidung terlebih dulu dari ingus sebelum menggunakan nasal spray powder. 
  • Kocok botol nasal spray powder beberapa kali.
  • Tegakkan kepala dan tutup satu lubang hidung dengan menggunakan jari. Sementara lubang hidung lainnya terbuka.
  • Tempatkan ujung atas botol nasal spray powder yang terbuka, kemudian posisikan ke dalam lubang hidung yang tidak ditutup.
  • Tekan botol dan hirup perlahan bubuk pada nasal spray powder.
  • Lakukan langkah yang sama pada lubang hidung satunya.
  • Usahakan tidak bersin atau menghembuskan begitu saja setelah menggunakan nasal spray powder.

Nasal spray powder dapat memberikan perlindungan 6-8 jam dalam sekali pemakaian. Formulasi gel yang ketika disemprotkan ke dalam hidung mampu menangkap partikel udara kotor seperti debu dan kotoran (alergen atau iritan) di udara lainnya.

Dengan begitu, Anda bisa menjaga kesehatan hidung secara praktis dan bantu cegah masalah pernafasan.  Yuk, coba jaga kesehatan hidung Anda mulai sekarang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.