Berita Kesehatan
Gambaran Bagaimana Rokok Merusak Paru-paru, Yakin Masih Mau Merokok
Jumat, 10 Mar 2023 12:45:11

Kita tahu bahwa rokok memberikan dampak negatif untuk kesehatan tubuh kita dan rokok adalah penyebab kematian terbesar yang sebetulnya dapat dicegah dengan tidak merokok atau punya komitmen untuk berhenti merokok.

Kali ini kita akan lihat hasil eksperimen yang akan memperlihatkan Bagaimana rokok memberikan dampak yang merugikan untuk kesehatan tubuh kita.

Seperti yang kita ketahui, ekspriment kali ini kita menggunakan toples kaca yang merupakan perumpamaan ruang di dalam paru-paru kita.

Lalu kapas yang merupakan perumpamaan sel-sel dalam tubuh kita dan selang yang merupakan perumpamaan tenggorokan yang menghubungkan udara yang masuk lewat mulut atau hidung dengan paru-paru kita.

Kita akan lihat langsung Bagaimana rokok memberikan perubahan terhadap kapas yang ada di dalam toples kaca.

Disini kita akan menggunakan 24 batang rokok atau setara dengan 2 bungkus rokok dan setelah rokok dihisap maka tar akan dialirkan melalui selang.

Sehingga menyebabkan perubahan warna pada Kapas di dalam toples kaca dan rokok yang mengandung 7000 bahan kimia berbahaya.

Diantaranya merupakan zat yang bersifat karsinogenik atau meningkatkan perubahan sel menjadi ganas atau kanker.

Kita dapat lihat tar menyebabkan warna kuning pada kapas dan seperti yang saya katakan tadi kapas ini merupakan perumpamaan dari sel tubuh kita.

Bayangkan kalau hal ini terjadi di dalam tubuh kita dimana tar akan mengendap di dalam sel dan kalau tar mengendap di dalam paru-paru akan meningkatkan resiko penyakit emfisema bronkitis penyakit paru kronis hingga kanker paru-paru.

Kita lihat di sini kapas menjadi berwarna kuning dan dapat dibayangkan kalau hal ini terjadi setiap hari maka paru-paru kita akan banyak mengandung tar yang menempel dan tentunya tidak hanya di dalam paru-paru.

Tar juga akan dialirkan melalui aliran darah dan mengendap di berbagai organ tubuh kita dan selang yang saya katakan tadi adalah perumpamaan tenggorokan kita.

Kita akan potong dan kita belah di tengah dan kita akan lihat tar menumpuk di dalam selang dan bayangkan jika tar ini menumpuk Di dalam tenggorokan dan di berbagai organ tubuh kita.

Dan ingat tar adalah zat yang bersifat karsinogenik atau menyebabkan perubahan pada sel menjadi ganas atau kanker.

Demikianlah Bagaimana rokok menyebabkan kerusakan pada tubuh kita dan apakah anda yakin masih merokok sekarang?