Berita Kesehatan
4 Cara Menjaga Kebersihan Mulut Agar Tak Jadi Sarang Penyakit
Kamis, 11 Jun 2020 11:55:46

Kebersihan seluruh tubuh perlu diperhatikan, termasuk gigi dan mulut. Apalagi, saat kebersihan mulut kurang baik, efeknya seringkali langsung terasa, misalnya bau mulut. Hal tersebut menjadi cerminan bahwa kesehatan mulut tidak dalam kondisi baik. Apabila demikian, bakteri pun dengan mudah dapat bersarang sehingga menyebabkan kerusakan gigi.

Berdasarkan WHO, kesehatan mulut yang buruk dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit, contohnya penyakit gusi hingga kanker mulut. Oleh karena itu, mari jaga kebersihan gigi dan mulut dengan melakukan beberapa kebiasaan berikut ini.

Tips dan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut

Kesehatan gigi dan mulut bukan perkara sekali atau dua kali perawatan saja. Anda perlu setiap hari memperhatikan kesehatannya dengan melakukan kebiasaan yang berdampak positif pada kebersihan gigi dan mulut.

Terdapat beberapa langkah penting yang perlu dilakukan agar kesehatan mulut tetap terjaga dan terhindar dari gangguan kesehatan seperti karies gigi atau masalah gusi.

Menggosok gigi dengan prosedur dan frekuensi sesuai anjuran

Masalah Gigi dan Mulut

Meski telah mengetahui pentingnya menggosok gigi, sebagian orang masih saja mengabaikan kewajiban ini dan menunggu hingga terjadi gangguan kesehatan mulut.

The American Dental Association melansir teknik menggosok gigi yang baik dan benar, yaitu:

  • Usahakan posisi sikat gigi berada dalam sudut 45 derajat menghadap gusi
  • Mulai gerakan sikat gigi ke depan dan belakang secara perlahan
  • Bersihkan bagian luar, dalam, dan permukaan gigi untuk mengunyah
  • Gunakan ujung sikat untuk membersihkan bagian dalam gigi depan

Anjuran untuk menggosok gigi dua kali sehari pun kemungkinan besar sudah Anda ketahui. Namun, pastikan untuk selalu menyikat gigi sebelum tidur untuk mengurangi kuman dan plak yang telah menumpuk sepanjang hari dan menjaga kebersihan gigi dan mulut secara optimal.

Jangan lupa bersihkan juga lidah untuk mengoptimalkan kesehatan gigi dan mulut

mulut terasa logam

Perlu Anda ketahui, plak juga ternyata dapat menempel dan menumpuk di lidah. Untuk itu, penting untuk selalu membersihkan lidah setelah selesai menggosok gigi. Jika Anda lalai melakukannya, hal ini juga dapat memicu masalah kesehatan oral, contohnya bau mulut.

Oleh karena itu, jangan lupa bersihkan lidah secara perlahan ketika menggosok gigi. Gunakan bagian belakang kepala sikat yang biasanya terdapat tekstur kasar. Namun jika tidak ada, bersihkan saja dengan menggunakan bulu sikat yang sedang Anda gunakan.

Flossing sama pentingnya dengan menyikat gigi

Kebiasaan flossing mungkin memang belum cukup umum dilakukan oleh sebagian orang. Namun, usahakan untuk melakukan flossing setelah menyikat gigi. Flossing ternyata tidak kalah penting dengan gosok gigi dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.

Menurut Jonathan Schwartz, seorang dokter bedah gigi, yang dilansir dari Healthline menyatakan, flossing bukan hanya berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi saja.

Selain itu, flossing juga merupakan cara untuk meningkatkan kesehatan gusi, mengurangi plak, dan membantu melindungi mulut Anda dari masalah mulut seperti radang.

Akhiri dan lengkapi dengan mouthwash (obat kumur)

mouthwash

Setelah menyikat gigi dan flossing, Anda direkomendasikan untuk melengkapinya dengan berkumur menggunakan mouthwash yang mengandung 4 minyak esensial. Bukan tanpa alasan, menggunakan mouthwash dapat meningkatkan tingkat kebersihan gigi dan mulut Anda.

Kandungan antimikroba  dalam obat kumur dapat bantu menghambat aktivitas bakteri dan plak sehingga  melindungi mulut Anda dari masalah gusi. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang menunjukkan bahwa obat kumur dapat membantu mengurangi plak dan  menjaga gusi tetap sehat.

Meski dengan manfaat tersebut, sebagian orang masih belum memprioritaskan mouthwash sebagai bagian dari proses menjaga kebersihan gigi. Sebaiknya, gunakan obat kumur sebelum terjadi masalah kesehatan mulut yang mengganggu.

Bau mulut dan masalah gusi dapat bantu dicegah apabila Anda rutin menggunakan mouthwash setiap kali selesai menyikat gigi sehabis makan.