Berita Kesehatan
Muncul Klaster Pondok Mahasiswa di Malang, 13 Orang Positif Covid-19
Kamis, 24 Jun 2021 11:23:15

Klaster sebaran Covid-19 kembali muncul di Kota Malang. Kali ini, klaster Covid-19 muncul di salah satu rumah di Kelurahan Dinoyo, Kota Malang. Rumah itu dimanfaatkan untuk pondok khusus mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim. Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, pondok mahasiswa itu dihuni 30 orang. Terdiri dari 28 mahasiswa dan dua pemilik pondok. Dari 30 orang yang menghuni pondok itu, 13 di antaranya positif Covid-19 berdasarkan tes cepat antigen.

Husnul mengatakan, awalnya ada salah satu mahasiswa yang menderita sakit di pondok tersebut. Berdasarkan hasil tes cepat antigen, mahasiswa itu positif Covid-19.

Begini Kata Warga yang Melintas "Itu salah satunya sakit, setelah diperiksa dan juga dilakukan swab antigen hasilnya positif satu orang," kata Husnul melalui sambungan telpon, Rabu (23/6/2021).

Satu mahasiswa yang sakit itu lantas dibawa pulang oleh keluarganya. "Yang sakit ini kemudian dibawa pulang oleh keluarganya," jelasnya. Sementara itu, sebanyak 29 orang sisanya di pondok itu dites cepat antigen. Hasilnya, 12 orang positif Covid-19. "Yang lain di-tracing dan di-testing. Jadi dari 29, ada 12 orang yang hasil swab antigennya positif," jelasnya.  

Dinas Kesehatan Kota Malang sudah berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan untuk menyemprotkan disinfektan di lokasi itu. Husnul juga meminta supaya ada pembatasan aktivitas di di lingkungan tersebut. "Jadi sudah dilakukan koordinasi dengan kelurahan dan kecamatan. Kemudian juga sudah dilakukan penyemprotan, dekontaminasi tadi malam. Kemudian juga sudah disampaikan untuk mengurangi interaksi di situ," katanya.

Sementara itu, Ketua RW 2 Kelurahan Dinoyo, Bimo Trisapto mengatakan, membenarkan mahaiswa di pondok itu berkuliah di UIN Maulana Malik Ibrahim. "Pondoknya pondok untuk mahasiswa UIN," katanya. Saat ini, 12 orang yang positif di pondok itu sudah menjalani perawatan di Rumah Sakit Islam (RSI) Aisyiah Kota Malang. "Dirawat di Rumah Sakit Aisyiah Kota Malang," katanya.