Berita Kesehatan
Gigi Tak Sehat Berisiko Timbulnya Beragam Penyakit. Benarkah?
Selasa, 10 Apr 2018 11:22:38

Setiap orang dianjurkan untuk tidak menyepelekan kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, kesehatan gigi dan rongga mulut berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gigi yang sakit bisa memicu timbulnya penyakit lain. Sakit gigi dan bau mulut juga menjadi penanda ada penyakit yang bersarang dalam tubuh.

Namun, banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya kesehatan gigi dan rongga mulut terhadap kesehatan tubuh. Oleh karena itu, World Dental Federation (FDI) mengangkat tema 'Say Ahh! Think Mouth, Think Health' dalam rangka Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia yang diperingati pada hari ini, Selasa (20/3).

Peringatan ini mengajak masyarakat untuk memperhatikan kesehatan tubuh melalui kesehatan rongga mulut.

"Rongga mulut ini bisa dibilang jendela kesehatan tubuh. Kesehatan gigi dan mulut dengan kesehatan tubuh saling mempengaruhi baik dari segi penyakit atau perawatan karena merupakan satu kesatuan dan memiliki faktor risiko yang sama," kata dokter gigi Ratu Mirah Afifah saat memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia bersama Pepsodent di Jakarta. Ratu merupakan Division Head for Health & Wellbeing Professional Institution, Yayasan Unilever Indonesia.

Ratu menyebut masalah pada rongga mulut dapat mengindikasikan berbagai penyakit seperti diabetes melilitus, gagal ginjal dan penyakit jantung.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Hananto Seno menjelaskan hubungan antara gigi dan penyakit lain dalam tubuh. Seno menyebut di dalam rongga mulut terdapat jaringan penyangga antara gigi dan tulang. Pada jaringan inilah kuman-kuman yang tidak dibersihkan bersarang.

"Kuman ini masuk ke dalam jaringan penyangga gigi dandapat berkembang biak. Ia bisa menyerang jaringan sehingga menimbulkan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit sistemik," kata Seno dalam kesempatan yang sama.

Penyakit dari jaringan penyangga gigi itu dapat menyebar melalui pembuluh darah ke organ lain dalam tubuh seperti ginjal, jantung, liver, sendi, mata, bahkan ke otak. Inilah alasan mengapa sakit gigi bisa menyebakan sakit pada bagian lain dalam tubuh.

"Makanya sakit gigi bisa sakit sendi karena masuk dalam sistem peredaran darah dan berkembang ke mana-mana," tutur Seno.

Radang pada gigi ini juga disebut dapat membuat tekanan gula darah tidak dapat dikontrol dengan baik sehingga memicu diabetes.

Hubungan sebaliknya, orang yang mengidap penyakit diabetes yang ditandai gula darah tinggi juga dapat mengganggu kesehatan gigi. Kadar gula darah yang tinggi memberikan tekanan pada ujung pembuluh darah termasuk di bagian yang dekat dengan gigi. Akibatnya, jaringan gigi melemah dan gigi bisa goyang bahkan lepas.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RSCM Jakarta, Dicky Levenus Tahapary juga menyatakan terdapat hubungan dua arah antara kondisi kesehatan tubuh dan rongga mulut.

Seperti pada kasus diabetes, Dicky menyebut penderita diabetes memiliki rongga mulut yang lebih buruk. Penelitian di RSCM menemukan 99 persen penderita diabetes mengalami radang pada jaringan penyangga gigi atau periodontitis. Sebanyak 80 persen diantaranya mengalami priodontitis berat.