Berita Kesehatan
Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Gigi yang Harus Dihindari
Sabtu, 26 Nov 2022 12:17:48

Jika Anda selama ini sudah rajin gosok gigi dua kali sehari, berkumur, menyikat lidah, dan menggunakan benang gigi (dental floss), pertahankanlah. Kebiasaan menjaga kebersihan mulut dan gigi patut dipelihara seumur hidup. Namun akan jauh lebih bagus jika Anda mengimbanginya dengan menjauhi minuman dan makanan penyebab sakit gigi. Apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari saat sakit gigi?

Makanan dan minuman penyebab sakit gigi yang harus dihindari

Seringkali Anda tidak sadar dengan makanan juga minuman yang dikonsumsi selama ini ternyata termasuk yang harus dihindari saat sakit gigi. Ada banyak makanan juga minuman yang menyebabkan terjadinya plak sehingga merusak gigi karena menyerang email gigi.

Sebagai tindakan pencegahan, simak beberapa jenis makanan juga minuman yang juga menjadi penyebab sakit gigi, seperti:

1. Permen asam

Tidak mengherankan jika permen menduduki peringkat pertama sebagai makanan yang harus dihindari serta penyebab sakit gigi dan gigi berlubang.

Namun ternyata tidak cuma permen manis bergula yang bisa merusak gigi. Permen asam pun efeknya bisa jauh lebih merusak.

Hampir semua jenis permen asam memiliki kandungan asam yang sangat tinggi yang dapat mengikis enamel, lapisan terluar gigi. Parahnya lagi, menyikat gigi setelah makan permen asam tidak bisa mencegah kerusakan tersebut — yang ada malah makin memperparah.

Jika enamel gigi Anda sudah terlanjur pecah, menyikat gigi justru semakin mengikisnya.

Selain itu, permen asam umumnya memiliki tekstur kenyal sehingga dapat menempel pada gigi tanpa disadari dalam jangka waktu yang lama. Sisa permen asam yang menempel ini bisa menyebabkan plak yang lama-lama membusuk menggerogoti gigi jika tidak dibersihkan dengan benar.

2. Soda

Minuman soda mengandung gula yang sangat tinggi, yang pamornya sudah sangat terkenal sebagai makanan juga minuman yang harus dihindari serta penyebab saat sakit gigi berlubang.

Selain itu, sifat sodanya dapat membuat mulut kering. Kondisi mulut kering adalah ladang bagi bakteri jahat untuk semakin melancarkan aksinya merusak gigi.

Soda seperti kola dan minuman berwarna gelap lainnya lainnya juga dapat merusak warna asli gigi. Efeknya, gigi Anda akan terlihat lebih gelap dan kusam.

Menyikat gigi setelah minum soda justru bisa mempercepat pembusukan. Ada baiknya untuk berkumur dan minum banyak air putih untuk membuang sisa-sisa minuman yang masih menempel di gigi.

3. Es batu

Banyak orang yang hobi mengunyah es batu sembari menghabiskan minuman dinginnya. Namun, kebiasaan ini buruk bagi kesehatan mulut dan gigi. American Dental Association menyatakan bahwa mengunyah es bisa merusak email gigi sehingga gigi jadi lebih sensitif dan rentan patah atau retak.

Tidak hanya menjadi makanan yang harus dihindari saat sakit gigi, memaksa mengunyah es batu yang keras juga bisa membuat gigi lama-lama melonggar dan rentan copot.

4. Buah kering

Meski namanya buah, tetapi buah kering tetap berbeda dengan buah segar. Kismis, aprikot, plum, sultana, dan buah lainnya yang dikeringkan memiliki tekstur yang sangat manis dan cenderung lengket.

Maka dari itu buah kering juga bisa menjadi makanan yang harus dihindari serta penyebab sakit gigi.

Tidak menutup kemungkinan buah tersebut bisa terjebak di sela-sela gigi dan menjadi makanan empuk bagi bakteri. Plak gigi yang menumpuk lama-lama dapat membuat sakit gigi bahkan gigi berlubang.

Pastikan berkumur dengan air atau minum banyak air putih setelah makan buah kering apapun. Setelahnya, sikat gigi dan bersihkan dengan dental floss untuk memastikan tidak ada lagi sisa buah yang tersangkut di celah gigi.

5. Keripik kentang

Siapa yang tidak suka menjadikan keripik kentang sebagai camilan favorit di kantor atau di rumah? Menjadi camilan andalan untuk sebagian orang, keripik kentang pun termasuk menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat sakit gigi.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan pati yang nantinya akan menjadi gula dan bisa tertinggal di dalam gigi serta nantinya memberi makan bakteri pada plak. Lalu, produksi asam dari keripik kentang pun akan menetap dalam beberapa saat.

6. Biskuit

Camilan seperti biskuit pun juga bisa menjadi penyebab serta makanan yang harus dihindari saat sakit gigi. Di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat olahan yang bisa berubah menjadi gula dan menjadi makanan untuk bakteri di dalam mulut.

Biskuit yang Anda kunyah dan menjadi lembek pun bisa menumpuk di bagian sela-sela gigi.

7. Acar

Acar menjadi makanan pelengkap yang sering dicari ketika Anda butuh sesuatu yang segar saat makan berat. Rasa asam cuka acar juga dapat membuat nafsu makan makin meningkat.

Namun, sebuah studi pada tahun 2004 yang dilakukan terhadap lebih dari dua ribu siswa di Inggris membuktikan bahwa acar adalah makanan penyebab sakit gigi nomor satu dibandingkan dengan makanan lainnya.

8. Roti putih

Roti putih ternyata sama berbahayanya dengan permen. Hal ini dikarenakan kandungan dari roti putih kaya akan karbohidrat sederhana yang diubah oleh liur menjadi gula.

Ketika terselip di gigi, sisa kunyahan roti bisa mengundang bakteri untuk bersarang dan berkembang biak.

Lama kelamaan bakteri akan menyebabkan gigi menjadi berlubang dan menciptakan rasa sakit yang menusuk. Perhatikan konsumsi roti putih karena termasuk ke dalam makanan yang harus dihindari serta penyebab saat sakit gigi.

9. Kopi

Menjadi minuman yang digemari banyak orang, Anda pun juga harus berhati-hati dengan minuman jenis kopi. Tidak hanya dapat meninggalkan noda serta mengubah warna gigi jadi kuning. Ternyata kopi juga bisa menjadi minuman penyebab sakit gigi. Noda kopi yang lengket pada gigi Anda diklaim dapat menarik partikel makanan dan juga bakteri.

10. Alkohol

Kupas Tuntas Efek Nyata Bahaya Alkohol Pada Tubuh: Kerusakan Jantung Hingga Ginjal membuat mulut kering dan dehidrasi. Padahal, air liur dibutuhkan mulut untuk membersihkan diri dari sisa-sisa makanan serta melindungi jaringan lunak di mulut dari iritasi dan infeksi.

Mulut yang kering menjadi sumber penyakit karena dapat menyebabkan kuman berkembang dengan subur. Kondisi ini lama-lama akan menjadi akar dari banyak masalah kerusakan gigi dan infeksi mulut lainnya, seperti penyakit gusi hingga lidah.

Jika Anda tidak bisa langsung berhenti mengonsumsi makanan dan minuman yang harus dihindari serta penyebab sakit gigi, mulailah mengurangi porsinya sedikit demi sedikit.

Pastikan juga Anda tetap rajin sikat gigi dan berkumur serta minum air putih yang banyak untuk menjaga kebersihan gigi.