Berita Kesehatan
Gejala Awal Bisa Jadi Sama, Begini Membedakan Flu dengan Pneumonia
Senin, 18 Des 2017 16:35:34
Seorang wanita asal Phoenix dilaporkan meninggal dunia usai didiagnosis sakit flu. Namun setelah ditelusuri ternyata bukan flu biasa yang membuatnya meninggal dunia, melainkan pneumonia. Lantas, apakah flu dan pneumonia itu hampir sama gejalanya dan sulit dibedakan

Menurut dokter spesialis paru, dr Rezki Tantular SpP, gejala flu dan pneumonia tidak sama. Flu disebabkan oleh virus influenza, sementara pneumonia terjadi jika virus sudah menyerang ke parenkim paru. Pneumonia sendiri merupakan salah satu komplikasi atau lanjutan dari influenza.

"Flu gejalanya biasanya meliputi demam, tenggorokan sakit, pusing, lemas, arthralgia (sakit sendi), myalgia (sakit otot) dan batuk (biasanya tidak produktif)," ujar dr Rezki kepada detikHealth.

"Sedangkan pneumonia gejalanya biasanya akan muncul batuk yang produktif (keluar dahak yang berwarna kuning atau hijau), nyeri dada, gangguan pernapasan (sesak)," lanjutnya lagi.

Menurut ketua bidang humas PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) Pusat, kasus flu menjadi pneumonia kemudian meninggal dunia tidak sedikit. Namun tergantung dari strain virus influenza itu sendiri. Sebagai contoh salah satu virus influenza yang memiliki mortality rate atau tingkat kematian yang tinggi adalah virus H5 N1 (flu burung).

"Tergantung dari virulensinya virus itu sendiri. Kalau yang virus flu biasa kita jumpai, sudah sering terpapar, sehingga respon imun penderitanya juga bagus, tidak sampai menimbulkan komplikasi yang berat sampai kematian," imbuh dr Rezki.

Baca Juga: Mendeteksi Awal Pneumonia, Pembunuh Nomor Satu Pada Anak