Berita Kesehatan
Penyebab Telinga Sering Terasa Gatal
Kamis, 08 Nov 2018 17:45:15

Jika sedang merasakan telingagatal, hal utama yang akan dilakukan pasti menggaruknya, namun hal tersebut tidak selalu dianjurkan karena masalah kebersihan, hal yang lebih aman biasanya membersihkan telinga langsung dengan menggunakan cuttonbuds.

Selain membantu menghilangkan rasa gatal di bagian dalam telinga, cuttonbuds juga sekalian bisa membersihkan kotoran yang ada di dalam telinga. Biasanya, rasa gatal ini memang timbul karena banyak kotoran yang ada di dalam sana. Selain itu, dilansir dari UT Health, telinga gatal juga bisa disebabkan karena infeksi jamur. 

Pada kasus lainnya, telinga gatal juga bisa disebabkan karena adanya psoriasis dan juga dermatitis. Alergi terhadap makanan atau musim dan cuaca juga bisa menyebabkan telinga terasa gatal. Tidak sampai disitu, dampak telinga yang sering gatal pun juga bisa disebabkan oleh alergi atau trauma tertentu. Untuk mengatasi masalah tersebut, begini cara penanganan yang tepat.

Hindari menggaruk telinga yang sedang gatal pada bagian dalam dengan cuttonbuds agar tidak terjadi infeksi yang serius. Meskipun cuttonbuds memiliki tektur yang halus, lembut dan aman, tetapi hindari mengorek bagian kuping terlalu dalam. 

Untuk menghidari infeksi atau hal yang lain yang tidak diinginkan, ada baiknya langsung konsultasi pada dokter khusus THT yang bisa menangani masalah ini secara tanggap tentang penyebab telinga gatal. Tidak jarang, sang dokter biasanya akan langsung memberikan obat berupa cairan tetes yang bisa meredakan rasa gatal juga mengobati infeksi pada telinga.